Bluelol’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Perbandingan Webhosting Lokal dengan Internasional

Ini pengalaman pribadi yang saya dapatkan saat registrasi domain hosting pertama kali di webhosting lokal dan hosting internasional. saya coba menyajikan dalam bentuk tabel supaya mudah dipelajari.

LOKAL

INTERNASIONAL

Harga (domain+hosting)/tahun

600 Ribu

576 Ribu (sekitar) (Pake kupon)

Kapasitas

250 MB

Unlimited

Bandwith (Per Bulan)

10 GB

Unlimited

Biaya Registrasi

Gratis

Gratis

Minimum Registrasi

6 Bulan

2 Tahun (Test 1 Bulan)

Fitur Lain

Sama

Sama

Support

Kurang Baik

Sangat Baik

OK, sekarang kita bahas yang beda-bedanya saja

Harga, Kapasitas dan Bandwith

dari segi harga ini relatif. Kalau nantinya website cuma digunakan untuk blogging atau konten yang tidak memakan banyak space (kapasitas), paket lokal adalah pilihan yang bijak dengan paket hanya 250 MB dengan bandwith 10GB saya rasa sudah cukup. Sedangkan untuk sebuah website yang memerlukan konten dan database yang banyak serta memiliki kunjungan rata2 lebih dari 300 orang/hari, sebaiknya memilih yang unlimited baik bandwith maupun quota.

Biaya Registrasi

Pada umumnya, penyedia layanan webhosting akan menggratiskan biaya registrasi. Sebenernya tidak gratis, semua itu sudah diperhitungkan oleh perusahaan webhosting. Kata-kata gratis hanya untuk pemanis dan penarik saja.

Minimum Registrasi

Untuk minimum registrasi, layanan lokal banyak memberikan kemudahan yang mana untuk paket hosting 600 ribu ini, minimal registrasi bisa 6 bulan, sedangkan untuk internasional dengan paket yang seharga 576 ribu harus registrasi minimal 2 tahun. Tapi tunggu dulu, paket dari webhosting internasional yang saya ambil, menyediakan fasilitas “100% money back warranty” alias “garansi uang kembali 100%” apabila dalam waktu 1 bulan kita tidak memperoleh fasilitas dan kemudahan seperti yang mereka promosi kan.

Support

Ini yang paling penting. Untuk hal yang satu ini, sangat jauh bedanya antara lokal dengan internasional. Untuk website luar, semua support benar-benar online 24 Jam dengan jawaban dan bantuan yang sangat bermutu dan baik serta benar-benar membuat saya merasa nyaman. Sedangkan untuk yang lokal menurut saya SDM nya yang jauh dari layak. Sebagai contoh, karena waktu itu kondisinya sudah mepet jam pulang kantor, saya coba chatting dengan support center webhosting lokal karena sedikit ada masalah dengan domain saya. Ketika saya menanyakan satu pertanyaan, dijawab dengan gaya bahasa yang saya rasa ini kurang pantas digunakan, contoh jawabannya “waaahh ya ngga bisa dong pak“. Gaya bahasanya seperti gaya bahasa sedang ngomong sama temannya aja. dan pada saat tengah-tengah chatting dan belum ada solusi dari permasalah saya, tiba-tiba support centernya langsung disconnect dengan akhir pesan “Terima kasih sudah menghubungi support center, apabila masih ada pertanyaan silahkan kirimkan lewat email dan akan kami balas secepatnya“. Lah ini gimana sih… lagi ngomong kok tiba-tiba diputus. udah gitu ada tulisannya “kami balas secepatnya“, iya kalo memang langsung dibalas, nah kalo secepatnya seminggu?”

Sangat berbeda dengan yang internasional, kata-katanya saya rasa cukup sopan, dan mereka memang cukup menguasai bidangnya sehingga setiap pertanyaan yang saya tanyakan dapat dijawab dengan sangat baik, dan dibantu menyelesaikan permasalahannya sampai selesai. Salut deh..

Kalo dipikir lucu juga ya, padahal kalo dengan support lokal kan saya bisa pake bahasa Indonesia yang enak dan mudah dimengerti, kok malah jawabnya asal-asalan dan tidak menyelesaikan masalah… Sedangkan dengan support internasional yang mana bahasa inggris saya setengah-setengah dan salah-salah, malah mudah diselesaikan dan tidak memakan waktu lama serta mudah dimengerti oleh mereka.

5月 10, 2009 - Posted by | Perbandingan Webhosting Lokal dengan Internasional

まだコメントはありません。

コメントを残す

